MamahDede.com

Situs Parenting Indonesia

awas! kesalahan ini biasa dilakukan saat memberikan makanan bayi.

Posted in Bayi

layaknya manusia pada umumnya, bayi mendapat sumber energi dari makanan yang di konsumsi. bagi bayi baru lahir hingga 6 bulan pertama disarankan hanya air susu ibu sebagai sumber makanannya. atau bila sangat terpaksa bisa diberikan susu formula yang direkomendasikan. makanan pertama bayi mungkin mudah memberikannya. karena masih bersifat cair sehingga mudah dikonsumsi.
lalu bagaimana bila bayi sudah mulai membutuhkan makanan padat?. apakah memberikannya semudah mekanan cair?. banyak orang tua menganggap remeh proses memberi makanan padat kepada bayi. padahal banyak kesalahan yang selama ini terjadi ketika memeberikan makanan padat kepada bayi. kesalahan ini jarang disadari oleh orang tua, terutama ibu. sehingga kesalahan-kesalahan tersebut terus berulang tanpa ada perbaikan. untuk itu mari kita simak beberapa kesalahan yang lazim dilakukan saat memberi asupan makanan padat kepada bayi berikut ini :

  • Cara konvensional atau cara lama. 
    Cara konvensional yang dimaksud adalah cara memasukkan makanan dari
    sendok ke mulut secara tegak lurus atau vertikal dari depan. Dengan cara
    ini bayi akan secara refleks mengeluarkan makanan yang masuk tersebut.
  • Berlebihan. 
    Memasukkan makanan secara berlebihan ke mulut bayi sehingga mulut bayi penuh, hingga bayi akan secara refleks memuntahkannya. tubuh bayi atau manusia pada umumnya memiliki reflek mengeluarkan sesuatu yang asing atau tak diinginkan dari tubuhnya. kelebihan kapasitas di mulutnya akan direspon sebagai sesuatu yang tak di inginkannya. maka otomatis bayi akan memuntahkannya. berilah sedikit-sedikit saja hingga cukup, daripada banyak namun kerap dimuntahkan.
  • Menyimpan sisa makanan bayi untuk dimakan di waktu selanjutnya akan
    menyebabkan enzim dan bakteri dari mulut bayi akan mulai bereaksi dan
    mengubahnya menjadi lebih berair dan cepat membusuk
  • Memberikan makanan yang dapat memicu alergi, seperti kacang-kacangan, madu, susu sapi, kerang-kerangan dan jeruk lemon. kita harus paham makanan yang menyebabkan alergi bagi bayi, sehingga kita dapat menghindari memberikannya kepada bayi kita. jangan sampai makanan yang diharapkan berguna bagi bayi justru membuatnya sakit.

                 baca juga :

demikianlah beberapa kesalahan yang kerap di lakukan orang tua ketika memberikan makanan padat kepada bayinya. semoga artikel yang di ambil dengan beberapa penyesuaian dari  www.theasianparent.com ini bermanfaat bagi anda. jangan lupa untuk di bagikan agar lebih banyak orang tua makin cerdas dan bijak.

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better