MamahDede.com

Situs Parenting Indonesia

Bagaimana Mengatasi Anak yang Enjoy Ketika Dihukum?

Posted in Keluarga

MamahDede.com

ABAH, anak saya 7,5 tahun kelas 2 SD. Anaknya aktif, dia sering mendapat iqob dari gurunya karena iseng sama teman. Jika tidak dia paling lama menyelesaikan tugas dengan penuh tanggung jawab, dia menyelesaikan iqobnya talma lama-lama dia enjoy dengan iqob. Sepertinya dia mencoba hal baru sampai-sampai bertanya “Kalau aku begini iqobnya apa? Sebagai wali murid saya harus bersikap bagaimana?

(Mom Eka Nur)

Jawab :

Harus detail selama ini perbuatannya apa yang dimaksud iseng itu seperti apa? Lalu apakah isengnya menyebabkan orang lain terluka? Menangis? Atau seperti apa? Lalu selama “iqob” yang sudah diberlakukan selama ini seperti apa? Harus detail jika mengungkapkan pertanyaan.

Tetapi, secara umum saya ingin mengungkapkan bahwa seringkali orangtua atau orang dewasa yang menindak anak dengan ketegasan terjebak dengan “ekspresi” anak. Misalnya, anak saya dihukum “time out” kok tidak menangis?

Lah memangnya kita menindak anak itu membuat anak “tersiksa”? Memangnya tujuan kita mendisiplinkan anak itu membuat anak menangis? Tidak. Dalam salah satu buku saya “7 Kita Orangtua Shalih Agar Anak Disiplin dan Bahagia”, telah dijelaskan panjang lebar soal “ujian” ketika orangtua berusaha mendisiplinkan anak adalah seolah anak merasa tertantang atau menanantang tindakan yang diberikan kepadanya.

Misalnya ketika dipisahkan dengan time out ketika melanggar sebuah batasan, yang dipilih menyimpan anak di luar rumah. Ketika di luar rumah anak main air, menyiram atau nyanyi-nyanyi. Kok anak enjoy?

Hakikat dari pemisahan atau isolasi atau time out adalah “interupsi”. dan tidak ada anak yang suka diinterupsi. Anak merasa enjoy karena baru diterapkan beberapa kali saja. Buktikkan saja setelah kira-kira 20x anak ditindak, dia akan mulai sebal “dikeluarkan lagi-dikeluarkan lagi.!

(Resume Kajian Dikusi Group Komunitas Yuk-Jadi Orangtua Shalih – Semarang, 20 Mei 2015)

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better