MamahDede.com

Situs Parenting Indonesia

Bila Kelenjar Anak Ginjal Mogok Bekerja

Posted in Keluarga
Bila Kelenjar Anak Ginjal Mogok Bekerja
Bila Kelenjar Anak Ginjal Mogok Bekerja


Perkembangan Balita – Kelenjar anak ginjal mungkin tidak atau kurang dikenal, tapi fungsinya untuk menjaga tubuh agar tetap berfungsi stabil seimbang sangatlah penting. Banyak hormon penting dihasilkan organ tubuh yang menempel di bagian atas ginjal kanan ini.

Kelenjar anak ginjal atau dalam bahasa medis disebut kelenjar adrenal, mempunyai bagian dalam dan bagian luar yang mengeluarkan hormon berbeda. Bagian dalam menghasilkan hormon adrenalin dan nonadrenalin yang penting dalam mengatur keseimbangan tekanan pembuluh darah dan reaksi tubuh tetap terhadap stres. Sementara itu, bagian luar mengeluarkan 3 macam hormon, yaitu aldosteron, kortisol dan testoteron.

Yang dimaksud dengan tidak berfungsinya kelenjar anak ginjal dalam hal ini, yakni bila kelenjar ini tidak mampu menghasilkan hormon aldosteron dan atau kortisol dalam jumlah cukup. Hormon aldosteron berfungsi untuk mengatur keseimbangan garam dan cairan tubuh, serta tekanan darah. Sementara hormon kortisol penting untuk menjaga kondisi tubuh dalam menghadapi stres, juga mengatur kadar gula darah. Meskipun jarang terjadi, kekurangan kedua jenis hormon ini mengancam nyawa anak yang mengalaminya.

MENGAPA KELENJAR ANAK GINJAL MOGOK?

Kelenjar adrenal ini bisa saja mogok tidak berfungsi, karena penyebab dari kelenjar anak ginjal itu sendiri (penyebab primer) atau disebut juga penyakit addison. Penyebab lain atau penyebab sekunder, yaitu karena tidak adanya rangsangan yang cukup dari hormon ACTH atau adrenocorticotropine hormone. Hormon ACTH ini dihasilkan kelenjar pituitari yang terletak di bagian bawah otak dan berfungsi sebagai pemicu dikeluarkannya hormon kelenjar anak ginjal bagian luar.

Penyebab primer kelenjar adrenal tidak berfungsi, antara lain karena kelainan bawaan atau genetik, trauma/perdarahan, infeksi seperti tuberkulosis, penyakit autoimun dan penggunaan lama obat jenis steroid. Penyakit autoimun yang paling sering menyebabkan kelenjar anak mogok. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh anak itu sendiri menyerang sel-sel kelenjar anak ginjalnya sehingga secara perlahan kelenjar adrenal rusak dan tidak berfungsi. Gangguan fungsi primer ini relatif jarang terjadi, yaitu 1 samapai 4 di antara 100.000 orang.

Penyebab sekunder terjadi lebih sering daripada penyebab primer. Biasanya ini disebabkan kelainan bawaan pada kelenjar pituitari atau ada riwayat infeksi, tumor, trauma atau radiasi pada kepala yang menyebabkan produksi ATCH terganggu.

Nah, pembaca Perkembangan Balita,  semoga informasi “Bila Kelenjar Anak Ginjal Mogok Bekerja” di atas bisa bermanfaat…salam bahagia.

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better