MamahDede.com

Situs Parenting Indonesia

Bolehkah Membatasi Anak Balita Main di Luar Rumah?

Posted in Keluarga

MamahDede.com – Bismillah… Abah… Mau tanya, anak saya usia 12 bulan. Dari pagi sampai sore selalu maksa ingin main di luar rumah. Sedangkan
Abinya tiap pagi selalu ngajak main keluar keliling-keliling sekitar rumah

Saya juga kalau habis ashar selalu ngajak keluar utk lihat anak-anak main bola. Kenapa begitu ya Abah? Sepertinya pagi dan sore keluar rumah itu tidak cukup begitu Bah. Jadi diluar waktu yg tadi, ya pasti rewel bahkan nangis minta keluar. Tapi tidak saya keluarin kalau siang karena panas. Mohon pencerahannya Abah.

TANGGAPAN ABAH IHSAN:

Kebutuhan anak usia begini adalah banyak bergerak, bereksplorasi untuk merangsang semua anggota tubuhnya yang akan mengirimkan sinyal-sinyal ke otaknya sebagai bagian dari rangsangan untuk otaknya.

Justru, orangtua harus gembira jika anaknya yang masih balita tidak bisa diam. Bahasa kerennya “aktif”. Makin aktif anak makin banyak stimulasi yang akan didapatkan tubuh dan otak anak.

Karena itu saya sering mengatakan dalam kelas-kelas belajar saya, bebaskan hidup anak jangan banyak dilarang sepanjang tidak berlebihan. Jangan dilarang mainnya, berlebihannya yang dilarang. Ingat?

Termasuk kategori berlebihan adalah jika misalnya membahayakan dirinya. Jika memang main di panas terik dianggap berlebihan untuk anak, maka relokasi tempat mainnya di tempat yang tidak panas yaitu di dalam rumah.

Ketika di dalam rumah, pastikan anak kita memiliki ruang yang cukup untuk bergerak. Jika seluruh tubuhnya tidak bebas bergerak minimal tangannya yang bergerak, agar tidak bisa diam. Berikan dia sarana-sarana bermain yang membuat anak tetap aktif. Sehingga kebutuhan anak untuk bermain tetap tersalurkan.

(Dari group komunitas Yuk-Jadi Orangtua Shalih Balikpapan)

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better