MamahDede.com

Situs Parenting Indonesia

Murid PAUD Tidak Semestinya Diajarkan Baca dan Hitung

Posted in Keluarga

MamahDede.com – Ella Yulaelawati selaku Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PPAUD) pada kesempatan yang lalu pernah berujar bahwa banyak sekolah anak usia dini (PAUD) yang secara langsung memaksa anak didiknya agar bisa membaca dan berhitung.

Pendidikan Anak Usia Dini

“Keadaan PAUD di masa ini kebanyakan mengharuskan anak didiknya untuk bisa baca dan berhitung. Semestinya anak usia dini ini tidak diajari untuk bisa membaca. Kalau toh harus bersinggungan dengan angka dan huruf, anak yang mendapat pendidikan usia dini ini lebih ideal jika hanya berkenalan dengan angka dan atau huruf. Berkenalan ini pun jangan dipaksa; apalagi jika sampai memaksa untuk menghitung dan membacanya”, kata Ella.

Hal ini ternyata tidak terlepas dari tuntutan dan keinginan kebanyakan orang tua mereka sendiri. Di sini lah peran para guru PAUD untuk lebih proaktif menjelaskan kepada para wali murid PAUD-nya agar menyampaikan informasi bahwa beban berhitung dan membaca sangat berat untuk anak seusia mereka (3-4 tahun).

Berhitung dan membaca sudah ada pada tempatnya, yakni di SD (sekolah dasar). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan juga telah merencanakan untuk membuat buku cerita bergambar (semacam komik) serta lagu-lagu daerah untuk PAUD. Kemdikbud juga berencana akan membuat semacam portal yang berisi cerita dongeng secara online.

Hal di atas juga diamini oleh Aries Susanti yang saat ini menjadi guru PAUD di Istiqlal. Ibu Aries berujar bahwa dalam mendidik anak usia dini harus benar.

“Pendidikan yang baik dan benar pada anak salah satunya dengan mengoptimalkan semua aspek yang mungkin dimiliki si anak. Nah, Anak yang berusia 2 sampai 6 tahun cenderung ke arah bermain. Sehingga, jangan menuntut anak untuk bisa CALISTUNG (baCA, tuLIS, hiTUNG). Hal ini bisa membebani si anak”, kata Aries. Pun demikian dengan para guru PAUD yang seyogyanya tetap mengisi keilmuannya dalam memahami kebutuhan dasar pada anak yang mengikuti pendidikan anak usia dini (PAUD).

Bagaimana pendapat Anda? Apakah Anda setuju jika PAUD mengajarkan anak untuk membaca, menulis dan berhitung? Apa alasan Anda jika setuju? Atau Anda memiliki pengalaman sehingga Anda tidak setuju? Yuk, bapak ibu berbagi di kolom komentar agar semakin banyak referensi kita tentang PAUD yang baik 😉

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better