Pakar diet memiliki banyak rekomendasi tentang makanan terbaik yang dapat membantu menurunkan berat badan. Salah satunya adalah nasi merah. Ini memiliki banyak manfaat nutrisi yang melampaui membantu penurunan berat badan.

Sementara kebanyakan orang menghindari nasi dalam makanan mereka karena kandungan kalori yang besar, banyak orang juga menemukan bahwa mereka masih bisa makan makanan carbo dalam bentuk nasi merah ini.

Berikut lima info yang perlu Anda ketahui tentang Beras merah dan bagaimana hal itu dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

1. Densitasnya Rendah

Artinya bisa membuat Anda kenyang sekaligus mengonsumsi lebih sedikit kalori. Komponen air dan seratnya membuatnya memiliki kepadatan energi yang rendah. Ini akan membantu Anda menurunkan berat badan karena membuat Anda makan lebih sedikit karena membuat Anda cepat kenyang.

ACPE Academy merekomendasikan agar Anda makan nasi merah di awal makan Anda. Ini akan membuat Anda merasa kurang lapar, sehingga membuat Anda makan lebih sedikit dari makanan lain di atas meja.

Ada sebuah penelitian yang dilakukan di antara wanita yang melakukan diet kepadatan tinggi dan kepadatan rendah. Mereka yang mengonsumsi makanan dengan kepadatan lebih tinggi mengalami kenaikan berat badan tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang makan makanan dengan kepadatan rendah selama periode 6 tahun.

2. Beras Merah Memfasilitasi Pelepasan Gula yang Lambat

Salah satu manfaat kesehatannya adalah membantu menyeimbangkan kadar gula darah melalui pelepasan gula yang lambat. Ini pasti akan bermanfaat bagi penderita diabetes yang sedang diet. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan setengah cangkir setiap hari mengurangi risiko terkena diabetes hingga 60%. Beras merah melepaskan gula secara perlahan, sehingga memungkinkan tubuh Anda untuk mengolahnya secara teratur juga.

3. Membantu Menghilangkan Lemak

Menjadi biji-bijian utuh, beras merah tidak kehilangan komponen nutrisinya dibandingkan dengan biji-bijian olahan seperti nasi putih. Pada tahun 2008, American Journal of Clinical Nutrition menerbitkan sebuah studi tentang orang-orang yang menjalani diet rendah kalori yang terdiri dari biji-bijian seperti beras merah dan kelompok lain yang menjalani diet rendah kalori dengan biji-bijian olahan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang makan biji-bijian kehilangan lebih banyak lemak di bagian tengah tubuh mereka dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi biji-bijian olahan. Selain itu, satu cangkir beras hanya mengandung 1,8 gram lemak, yang kira-kira 3% dari nilai harian USDA yang sebesar 65 gram.

Manfaatnya tidak hanya mencakup kebutuhan diet Anda tetapi juga kebutuhan kesehatan Anda secara keseluruhan. Biji-bijian ini penuh dengan vitamin, zat besi, kalium, mangan, dan nutrisi lainnya. Itu mengenyangkan tapi tidak menggemukkan.

Ini dapat dikombinasikan dengan berbagai edibles atau dimakan apa adanya karena memiliki rasa yang unik. Integrasikan beras merah ke dalam makanan Anda dan rasakan manfaat penurunan berat badannya dalam waktu singkat.

4. Beras Merah Tinggi Selenium

Selenium adalah mineral yang memperkuat sistem kekebalan Anda dengan menurunkan risiko terkena penyakit. Beras merah kaya akan selenium yang akan memberi Anda perlindungan yang baik dari penyakit umum. Ini penting, terutama jika Anda mencoba menurunkan berat badan, karena tubuh Anda sedang menyesuaikan diri dengan pola makan baru dan dapat membuat Anda lemah selama tahap awal diet Anda.

5. Beras Merah Kaya akan Kandungan Serat

Manfaat lain dari beras juga mampu menurunkan kolesterol sehingga dapat menurun berat badan. Karena beras merah memiliki serat yang dapat membuat perut kenyang lebih lama, dengan begitu Anda tidak mudah lapar untuk mencari makan lagi.

Jadi, itulah lima alasan mengapa beras merah dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi semua dan bisa memberikan solusi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Selamat mencoba.