Untuk dapat menciptakan tulisan yang berkualitas, tentunya seseorang perlu memiliki keterampilan dasar yang harus dipersiapkan, apa saja keterampilan nya berikut dibawah ini 5 keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang penulis agar bisa menciptakan hasil yang berkualitas.

1. Berpikir Kritis

Saya percaya persyaratan mendasar untuk menulis yang efektif adalah pengembangan dan pemeliharaan terus-menerus dari kebiasaan berpikir kritis. Tanpa ini, penulis kemungkinan akan berjuang keras untuk mendapatkan wawasan yang benar-benar orisinal dan berpotensi mendalam untuk dibagikan kepada pembaca.

Ketika tulisan Anda gagal bagi pembaca sebagai berguna, maka usaha Anda telah sia-sia.

2. Kemahiran Membaca

Penulis hebat seringkali merupakan pembaca yang baik. Dalam banyak hal membaca memberi makan pikiran penulis dengan bahan mentah yang dapat dia gunakan untuk menghasilkan wawasan baru.

Tetapi apa yang Anda baca juga menentukan seberapa banyak yang Anda peroleh dari membaca.

Majalah gosip kemungkinan tidak menawarkan konten berkualitas yang dapat memperkaya pengetahuan Anda, misalnya. Kecuali tentu saja Anda berencana untuk mengkhususkan diri dalam menulis untuk melaporkan gosip, skandal, dan masih banyak lagi.

3. Kemahiran Menulis & Mengetik

Kemampuan untuk secara cerdas mengartikulasikan pemikiran seseorang dalam bentuk tertulis – dan melakukannya dengan menggunakan bahasa yang menangkap atau memikat dan merangsang imajinasi pembaca adalah hal yang berharga.

Untuk mencapai tujuan menulis Anda membutuhkan kompetensi menulis seperti itu, karena hanya dengan begitu Anda dapat yakin bahwa makna yang Anda maksudkan akan dipahami oleh pembaca.

Tetapi Anda bisa menjadi seorang penulis yang kompeten dan masih berjuang untuk mencapai tujuan Anda, jika pengetikan Anda buruk.

Di abad ke-21 ini, penulis yang pandai mengetik sering kali memiliki keunggulan dibandingkan yang tidak. Yang terakhir cenderung dipaksa oleh kurangnya keterampilan untuk menanggung penundaan dalam menyelesaikan tulisan mereka.

Ini karena mereka biasanya harus meminta seseorang melakukannya untuk mereka, atau mereka mungkin juga mencoba melakukannya sendiri. Opsi pertama memiliki risiko kualitas kerja yang buruk (memerlukan pengeditan tambahan) atau kemungkinan pencurian kekayaan intelektual.

Opsi terakhir menawarkan hadiah yang lebih berguna, tetapi tetap hadir dengan harga kecepatan mengetik yang lambat.

Untuk mencapai tujuan menulis Anda dengan lebih andal, jika tulisan atau ketikan Anda di bawah standar, luangkan waktu untuk belajar bagaimana mengatasi tantangan itu. Mendaftarlah ke kelas pelatihan atau dapatkan alat bantu mandiri seperti mengikuti kursus untuk dapat membantu Anda berkembang.

4. Imajinasi

Terkadang bisa menggunakan kata-kata kita untuk melukiskan pesan bergambar bisa membuat tulisan kita lebih menyenangkan bagi pembaca.

Pembicara dan penulis hebat sering kali menunjukkan kemampuan ini. Dan itulah alasan mengapa banyak dari mereka menjadi sukses.

Tidak semua penulis memiliki keterampilan menulis dengan kata-kata yang membangun gambar. Tapi itu bisa dikembangkan. Dan upaya itu akan bermanfaat.

Pikiran manusia berpikir lebih baik dalam gambar. Oleh karena itu, ketika Anda secara efektif menggunakan kata-kata yang membangkitkan gambaran yang tepat di benak pembaca, kata-kata itu akan lebih mudah terhubung dengan Anda, melalui kata-kata Anda.

5. Stamina Fisik dan Mental

Jika Anda sedang berjuang melawan kelelahan, atau penyakit / stres – baik fisik maupun mental – itu akan mengurangi daya tahan Anda. Biarkan itu terjadi, dan Anda memiliki masalah besar di tangan Anda.

Untuk memenuhi tenggat waktu klien, Anda perlu istirahat dengan baik. Jika tidak, volume dan kualitas pekerjaan Anda akan menurun.

Jadi selalu dengarkan baik-baik tubuh Anda setiap kali Anda bekerja. Saat kamu mulai tertidur sambil mengetik, rasanya jadi pertanda kamu harus istirahat.

Ambillah dan Anda akan kembali dengan segar dan dapat berfungsi dengan produktivitas terbaik Anda.

Pada catatan terakhir, Anda juga dapat meningkatkan tingkat stamina terkait pekerjaan Anda saat ini. Salah satu strategi yang telah dicoba dan diuji adalah melakukan latihan fisik sederhana setiap hari.

Nah, itulah beberapa keterampilan dasar yang baik dimiliki oleh seorang penulis agar bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas, semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali pada ulasan kami berikutnya.