Sangat menyenangkan bukan jika kalian mempunyai hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Tingkah mereka yang lucu dan menggemaskan memang bisa membuat stress kalian hilang seketika. Hewan peliharaan bisa saja menjadi sahabat di kala sendirian atau bisa menjadi teman bermain dan lain sebagainya.

Terlihat sangat menyenangkan kan bukan? Mungkin alasan diatas lah yang membuat banyak orang menjadi ingin memelihara hewan. Pada umumnya ada dua cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan nya yaitu dengan mengadopsi dan membeli nya.

Banyak orang-orang menjadi ragu untuk memilih cara adopsi. Karena banyak beranggapan bahwa hewan yang berada di shelter atau penampungan tidak lah baik. Seperti berpenyakit, murung atau sudah tua. Namun kenyataannya tidaklah demikian. Namun dengan mengadopsinya ternyata membawa banyak sekali keuntungan.

Berikut ini kita akan mengulas tentang 7 alasan dan keuntungan memilih mengadopsi hewan peliharaan.

1. Dengan Mengadopsi Hewan Kita Menyelamatkan Hewan

Dengan mengadopsi satu hewan, kalian sudah menyelamatkan satu nyawa, ini adalah salah satu tindakan terpuji dalam seluruh hidup seseorang. Jika kalian berniat ingin mengadopsi, pet shelter lah tempat terbaik. Pet shelter adalah tempat untuk menampung hewan-hewan terlantar.

Biasanya, para pet shelter memungut hewan-hewan yang berada di jalanan, hal ini bertujuan untuk mengurangi kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi kepada hewan-hewan tersebut. Seperti, kelaparan, kekerasaan bahkan di bunuh. Ini membuktikan jika kalian mengadopsi salah satu hewan ini, maka kalian telah menyelamatnya nyawanya.

2. Hemat Biaya

Jika kalian berpikir bahwa mengadopsi salah satu hewan disana akan menghabiskan biaya yang mahal, namun itu salah. Di pet shelter lebih menghemat biaya, karena para hewan di rawat dengan baik serta sudah di vaksin secara teratur, berbeda jika kalian membeli di toko hewan biasanya hewan tidak di urus dan belum tentu di vaksin secara akurat. Ini mengapa menjadi salah satu alasan bahwa mengadopsi akan jauh lebih hemat.

3. Kalian Bisa Mendapatkan Hewan Yang Sehat

Keuntungan jika kalian mendapatkan hewan peliharaan di pet shelter tidak hanya menghemat biaya namun juga bisa mendapatkan hewan yang sehat. Karena di pet shelter biasanya sudah mensterilkan dan juga dapat di pastikan bahwa hewan peliharaan yang terdapat di pet shelter sudah di vaksin secara teratur. Hal ini membuat kalian terbebas dari masalah kesehatan untuk kedepannya.

4. Mempunyai Banyak Pilihan

Alasan dan Keuntungan selanjutnya adalah banyak nya pilihan hewan yang terdapat di pet shelter. Di sana kalian akan menemukan banyak hewan dengan berbagai umur, jenis bahkan karakter kepribadian. Kalian bisa mengadopsi sesuai dengan selera kriteria kalian.

5. Mencegah Transaksi Hewan (breeder)

Ini adalah bisnis yang tidak manusiawi di mana pembiakan hewan dalam jumlah besar. Dan sering kali breeder lebih mengutamakan keuntungan di bandingkan kesejahteraan hewannya.
Namun yang paling terparah dalam bisnis ini adalah hewan yang sudah tidak bisa lagi bereproduksi dan tidak mendatangkan keuntungan biasanya hewan tersebut di buang atau di bunuh.

6. Memberi Kesempatan Kepada Hewan Yang Lainnya.

Setiap penampungan hewan atau pet shelter biasanya memiliki jumlah Kuota terbatas. Tergantung dari besarnya tempat dan dana yang di miliki. Jadi,, tidak semua hewan yang terlantar bisa mendapatkan kesempatan di pet shelter. Dengan mengadopsi hewan di pet shelter kalian sudah memberikan kesempatan hewan lain.

7. Mengurangi Masalah Overpopulasi

Banyaknya populasi kucing dan anjing yang berkeliaran di luar, itulah yang di sebut overpopulasi. Dengan kalian mengadopsinya, itu berarti kalian sudh membantu mengurangi jumlah hewan yang terlantar.

Demikian lah 7 alasan mengapa kalian harus lebih memilih mengadopsi daripada membelinya. Namun yang perlu di ingat setelah mengadopsi hewan peliharaan kalian harus berkomitmen untuk menjaga dan merawat nya dengan baik. Meskipun hewan tidak bisa berbicara namun hewan akan sangat berterima kasih kepada kalian karena telah menolong dan menyelamatkan nyawanya.