Sebagai pemilik kucing Anda harus menjalankan tugas Anda dan memenuhi kebutuhan dasar kucing Anda, seperti, menyediakan makanan atau minuman berkualitas, menjaga kesehatannya dengan memberikan vaksinasi dasar, membawanya ke dokter untuk pemeriksaan rutin dan banyak lagi.

Namun, ada beberapa hal lain yang kucing Anda ingin Anda lakukan. Dia ingin Anda memanjakannya. Pastinya, Anda juga ingin memanjakan sahabat kucing Anda. Dengan cara ini Anda bisa memperkuat ikatan dengan hewan peliharaan Anda.

Berikut beberapa cara untuk memanjakan dan membuatnya merasa spesial.

1. Tempat Tidur yang Besar

Kucing suka tidur, sebenarnya mereka sudah menguasai keterampilan tidur dalam posisi yang canggung. Kucing umumnya menyukai tempat tidur khusus untuk mereka. Khususnya, kucing senior Anda akan menyukai bantalan ekstra saat tidur.

2. Luangkan waktu untuk bermain dengan kucing Anda

Habiskan waktu berkualitas dan damai dengan kucing Anda di pangkuan Anda. Ini akan membuat Anda berdua rileks. Kucing suka menghabiskan waktu cukup lama untuk menyentuh Anda, memeluk Anda, dan bahkan menggosok tubuh Anda. Tepukan lembut saat dia beristirahat di pangkuan Anda dapat membantu memperkuat ikatan Anda.

3. Pijat kucing Anda

Semua orang suka pijatan, dan kucing Anda juga demikian. Teman berbulu ini suka dipijat oleh pemiliknya. Ini membuat mereka merasa lebih terhubung dengan Anda. Anda bahkan dapat memotong kukunya sambil memijat karena kukunya yang panjang akan menyebabkan dinding atau kikir tergores dan banyak lagi. Kucing merasa tidak nyaman dengan kuku yang panjang, jadi pastikan mereka memotongnya secara berkala.

4. Manjakan dengan Makan yang Spesial

Anda dapat menemukan tempat khusus di hati kucing Anda dengan sesekali memperlakukannya dengan sesuatu yang istimewa. Jangan perlakukan dia dengan makanan manusia. Manjakan dia dengan mengubah pola makan kucing Anda satu atau dua kali seminggu. Namun, pola makan kucing senior Anda berbeda dengan kucing yang lebih muda dan Anda harus menjaganya juga. Bersamaan dengan suguhannya, pemilik perlu menjaga kandungan nutrisi pada makanan kucing untuk kucing seniornya.

5. Ajak Kucing Anda Bermain

Kucing suka mengamati sesuatu. Menatap burung yang berkicau di luar jendela adalah waktu liburan favorit bagi mereka semua. Kucing Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya dengan melihat ke luar jendela. Tempatkan beberapa tempat makan burung di halaman rumah Anda, sehingga kucing Anda dapat melihat burung-burung datang dan pergi.

6. Buatkan Kandang Diluar Ruangan

Tidak ada yang mau kucing mereka keluar dan jatuh dalam masalah. Namun, terkadang menjadi sulit untuk menyimpannya di dalam sepanjang waktu. Anda dapat membeli beberapa kandang luar ruangan untuk kucing menikmati udara segar. Anda bahkan dapat membujuk kucing Anda dengan video kucing atau tupai berkicau. Kucing suka menonton video ini selama berjam-jam.

7. Banyak Mainan

Manjakan kucing Anda dengan memberikan mainan favoritnya untuk mereka mainkan. Kucing suka bermain dengan bola dan gulungan wol, dan bisa menghabiskan waktu berjam-jam dengannya. Hanya memberinya mainan saja tidak cukup, Anda bahkan perlu bermain dengannya sesekali. Sembunyikan mainan mereka di berbagai tempat di rumah dan buat dia menemukannya. Kucing suka bermain petak umpet dengan tuannya.

8. Buatkan Kotak Untuk Kucing Bermain

Kucing tidak menginginkan mainan itu, tetapi kotak yang menyertainya. Mereka suka duduk di dalam kotak. Letakkan berbagai jenis kotak di berbagai tempat di rumah dan biarkan dia menghabiskan waktu “aku” di dalamnya. Ini yang paling mudah adalah memanjakannya.

9. Siapkan Tiang Goresan untuk Kucing Menggaruk

Menggaruk adalah aspek penting untuk kesehatan kucing Anda. Berkali-kali, dia akhirnya menggaruk sprei dan sarung sofa Anda. Ada banyak tiang garuk yang tersedia di pasaran. Simpan tiang penggaruk ini di tempat yang berbeda. Ini akan nyaman tidak hanya untuk kucing Anda, tetapi juga untuk Anda.

Pelihara kucing Anda sebanyak yang Anda mau, tetapi pastikan Anda terus melatihnya untuk hal-hal yang baik. Jika Anda sering mengubah pola makannya, pastikan Anda memeriksakannya secara rutin. Nah, itulah beberapa tips tentang cara memanjakan peliharaan kucing Anda dirumah, semoga bermanfaat.