Penggunaan oven microwave saat mengalami peningkatan yang besar pada masyarakat. Ini karena kenyamanan dan efisiensinya. Memasak dengan microwave menggunakan lebih sedikit energi dan menghemat lebih banyak waktu dalam pemanasan dibandingkan dengan metode konvensional lainnya. Dalam artikel ini, kami akan memberi Anda detail di balik alat masak microwave ini.

Apa itu memasak dengan microwave? Jawabannya cukup jelas. Dari kata microwave dan cooking, makanan dimasak menggunakan gelombang mikro, salah satu bentuk gelombang radio. Radiasi gelombang mikro ini biasanya memanaskan makanan pada frekuensi 2,45 Gigahertz. Makanan dimasak melalui pemanasan dielektrik.

Dalam proses ini, molekul air dari makanan mengambil energi dari gelombang mikro sehingga permukaan luar terlebih dahulu dipanaskan. Bagian dalam dihangatkan saat panas bergerak dari permukaan luar ke lapisan dalam. Makanya, makanan dimasak dari luar ke dalam.

Seperti yang Anda lihat, ada daftar hal-hal yang harus diperhatikan dan dihindari dalam memasak microwave. Petunjuk ini memastikan keamanan dan kualitas pangan.

Berikut adalah beberapa tip berguna saat memanaskan makanan dengan microwave:

1. Masak daging tanpa lemak dan diiris tipis ~ Jangan memasak daging dalam jumlah besar karena gelombang mikro hanya bisa memanaskan makanan dengan kedalaman satu inci. Gelombang mikro mungkin tidak memanaskan daging kental secara merata sehingga meninggalkan bintik mentah atau dingin. Titik dingin adalah media yang layak bagi bakteri untuk tumbuh.

2. Apakah memasak makanan yang berbahan dasar air ~Jangan memasak minyak dalam oven microwave karena minyak tidak memiliki polaritas yang ditemukan dalam air, yang digunakan untuk memanaskan makanan.

3. Gunakan keramik atau wadah kaca saat memasak makanan ~ Jangan memasak makanan dalam wadah plastik karena saat dipanaskan plastik melepaskan Bisphenol A. Racun ini dapat menyebabkan kerusakan saraf pada manusia.

4. Lakukan pemanasan air dalam oven microwave untuk rentang waktu minimum ~ Jangan merebus air terlalu lama untuk menghindari kemungkinan ledakan. Saat air menjadi sangat panas, gerakan sedikit saja dapat menyebabkan air melepaskan panas dengan hebat melalui semburan dari cangkir.

5. Gunakan sendok kayu atau benda logam halus lainnya saat memanaskan makanan di dalam oven microwave ~ Jangan gunakan perkakas yang ujungnya runcing seperti garpu. Gigi garpu logam dapat menghasilkan muatan listrik atau percikan api di ujungnya.

Microwave memang salah satu penemuan terbesar di zaman modern ini. Apa yang dimulai sebagai penemuan yang tidak disengaja oleh seorang insinyur sekarang digunakan sebagai alat penting untuk memasak oleh banyak orang. Memasak dengan microwave mudah, praktis dan hemat waktu.

Dengan bantuan gelombang mikro dan pemanas dielektrik, makanan dimasak di dalam oven microwave. Mempelajari fakta-fakta tentang memasak microwave ini memberi kita pemahaman yang lebih dalam tentang apa yang dilakukan alat memasak yang canggih ini.

Disamping itu juga microwave terbukti sangat efektif memudahkan para ibu rumah tangga dalam memasak. Demikianlah ulasan tentang hal apa saja yang harus dihindari sebelumĀ  menggunakan microwave, Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat untuk para bunda dirumah terimakasih.