Wifi merupakan teknologi wireless atau nirkabel yang memiliki kemampuan penyedia akses internet dengan bandwidth besar hingga 11 Mbpps. Biasanya banyak menggunakan sebagai hotspot dengan piranti wifi yang digunakan oleh pengguna untuk mengakses internet dengan PC,

laptop maupun smartphone yang memiliki fitur wifi. Router wifi merupakan perangkat keras yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda. Router adalah alat untuk mengirimkan paket internet untuk mencapai tujuannya dengan proses yang disebut routing.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi keterlambatan jaringan wifi diantaranya:

● Cek posisi router, letakkan router ditengah ruangan dan bila router diletakkan samping jendela maka sinyal yang dikirimkan ke luar dan membuat wifi menjadi sia-sia karena tidak menjangkau seluruh bagian ruangan.

● Jangan letakkan di lantai, letakkan router ditempat yang tinggi karena router dirancang untuk mengirimkan sinyal ke bawah dan lantai mengandung semen, beton dan logam yang sulit ditembus oleh sinyal wifi.

● Letakkan router di tempat terbaik, sebaiknya meletakkan router dalam ruangan yang ditempati saat menggunakan internet.

● Pilih tempat terbuka, untuk menjaga kinerja tetap optimal sebaiknya tidak meletakkan router diantara mebel berukuran besar dan dinding atau dalam lemari. Pilihlah posisi yang bebas himpitan serta membuat router tersebut terlihat dari manapun.

● Jauhkan dari elektronik lain, seperti microwave, telepon nirkabel dan TV karena perangkat yang menghasilkan sinyal elektromagnetik dapat mengganggu dan melemahkan kinerja sinyal wifi.

Selain itu, atur antena berada di posisi vertikal untuk membuat sinyal terpancar secara horizontal sehingga sinyal wifi kan menjangkau seluruh bagian ruangan. Periksa kekuatan sinyal dengan menggunakan aplikasi dan saat mengecek sinyal dapat memetakan bagian yang dapat menerima sinyal kuat dan bagian dengan sinyal lemah.

Untuk mempercepat koneksi wifi dapat menggunakan piranti lunak router yang dibuka dengan IP khusus dan mengeceknya pada bagian bawah router atau pada panduan yang disertakan dalam kotaknya.

Berikut adalah kelebihan wifi Alcatel diantaranya:

● Perangkat yang menggunakan 4G LTE sehingga dapat menjelajahi web, streaming konten, atau mengunduh film dengan kecepatan super cepat.

● Dapat menghubungkan hingga 15 perangkat secara bersamaan dengan mengelola koneksi melalui web khusus.

● Koneksi cepat LTE dapat diandalkan dengan kecepatan 150 Mbps.

● Dapat membuat area yang ditempati menjadi zona wifi dengan perangkat yang terdapat pada penggunanya.

● Dapat menggunakan T mobile dengan memasukkan kartu SIM GSM apapun pada perangkat ini.

Router wifi berfungsi sebagai pembagi dan pendistribusian IPS address secara statis atau DHCP kepada semua komputer yang terhubung ke router. Dengan adanya IP address dapat memungkinkan setiap komputer saling terhubung serta melakukan komunikasi.

Biasanya router disambungkan pada setiap PC maupun smartphone yang berada pada jangkauan router tersebut. Dapat juga memanfaatkan sebuah gelombang radio yang dipancarkan router.