Memiliki putra-putri dengan usia balita pastinya membuat para orang tua sering untuk membelikan mereka mainan sehingga anak-anak senang bermain baik sendiri maupun dengan teman sebaya. Banyak sekali jenis mainan yang dijual di toko mainan anak baik toko online maupun toko offline seperti di pasar dan mall.

Namun Anda sebagai orang tua yang bijaksana, sebaiknya tidak membeli mainan anak secara sembarangan. Anak akan mengingat masa kecilnya sebagai masa pembentukan karakter sehingga apa yang ia kerjakan sehari-hari bisa menjadi kebiasaan di masa mendatang.

Lalu apa saja jenis mainan yang bisa memberi mereka kegembiraan dalam bermain sekaligus sebagai pembentuk karakter yang baik? Berikut ini beberapa jenisnya untuk Anda para orang tua.

1. Mainan kendaraan.

Belikan mobil atau motor mainan untuk anak Anda baik yang berukuran besar atau kecil. Dengan membelikan kendaraan Anda bisa mengajari mereka untuk patuh terhadap peraturan lalu lintas sejak dini.

Simulasikan tentang rambu-rambu terutama lampu lalu lintas. Bermainlah bersama sehingga anak menjadi lebih senang dan mudah untuk mengingatnya. Membeli mainan kendaraan juga bisa menumbuhkan minat mereka di dunia otomotif.

2. Mainan boneka.

Boneka bukan mainan anak untuk anak perempuan saja. Boneka berbentuk hewan atau robot super hero juga bisa dibelikan untuk anak laki-laki. Untuk boneka barbie atau boneka baby bisa melatih anak perempuan untuk memiliki jiwa keibuan sejak kecil.

Sedangkan boneka hewan bisa menumbuhkan rasa sayang terhadap binatang. Untuk boneka superhero, Anda bisa mengajarkan berbuat kebaikan seperti tokoh di boneka tersebut.

3. Puzzle.

Puzzle saat ini bukan hanya seperti bagian gambar yang harus disusun rapi dan bertema namun juga ada dalam bentuk puzzle bangun ruang dan sebagainya. Dengan puzzle anak bisa belajar gerakan motorik yang harus disesuaikan dengan rangsangan dari otak.

Dengan begitu anak bisa menilai mana yang sama dan tidak untuk kemudian menggerakkan tangannya untuk memasang bagian puzzle pada tempatnya. Puzzle juga bisa melatih kesabaran dan kegemaran dalam hal memecahkan masalah.

4. Bola.

Bola merupakan alat olahraga yang digunakan oleh banyak permainan. Anda bisa mengajarkan permainan yang sederhana namun menyenangkan untuk mereka bermain sembari mengajarkan sportifitas dan juga olahraga sedari dini.

Ketika bermain bola, ajaklah teman-teman anak Anda untuk bermain bersama sehingga tercipta kerjasama, kerukunan dan juga sosialisasi yang bisa menjadi pondasi untuk persahabatan ketika mereka dewasa.

5. Buku cerita.

Belilah beberapa buku cerita bergambar untuk diceritakan kembali pada putra-putri Anda. Pilihlah cerita-cerita yang mengandung nilai keberanian, kebenaran, kasih sayang dan nilai positif lainnya sehingga anak Anda bisa mengambil nilai tersebut untuk dipraktekkan pada dunia nyata.

Ulanglah cerita-cerita tersebut meski sepertinya mereka belum mengerti dan hanya melihat gambar karena bisa jadi waktu itu adalah waktu dimana anak merekam memori untuk dijadikan prinsip hidup mereka.

Itulah beberapa jenis mainan anak yang sebaiknya Anda belikan untuk si buah hati pada usianya yang menginjak balita hingga 7 tahun. Masa-masa awal kehidupan adalah masa dimana manusia membentuk kepribadian diri dan karakter sehingga peran Anda sebagai orang tua dan lingkungan akan sangat berpengaruh.

Hindari membelikan anak mainan berupa senjata atau mainan lain yang mengandung unsur kekerasan. Namun berikanlah pelatihan bela diri ketika anak sudah menginjak lebih dewasa untuk bekal dirinya melindungi diri sendiri dan orang lain.