semua orang tua menginginkan anaknya mandiri. kita tentu sadar bahwa pada saatnya nanti anak akan dewasa. saat itulah kita harus melepas mereka. untuk mengantisipasinya, anak perlu di biasakan dan didik menjadi mandiri. namun banyak orang tua kebingungan mendidik annak menjadi mandiri. berikut kami bagikan tips mendidik anak agar mandiri. artikel berikut bersumber dari : asianparents yang di tulis oleh : Dyah D. Anggarini.

Biarkan mereka bermain hingga kotor. Biarkan mereka mandi sendiri.

Saat membaca sebuah tulisan yang mengulas tentang TMA Homeschool Conference 2015, saya merasa sangat lega. Salah satu pembicaranya, Joy Mendoza, membicarakan tentang membiarkan anak-anak yang mandi sendiri di awal usia mereka yang ketiga. Joy mengatakan bahwa dengan melakukan hal itu, anak-anak belajar tentang cara merawat tubuh mereka, bahwa bagian pribadi mereka harus tetap menjadi pribadi, dan mengurangi satu pekerjaan ibu!

Saya senang karena semua poin yang ia sebutkan benar, terutama yang ketiga. Saya sesungguhnya merasa agak bersalah karena saya telah membiarkan anak kedua saya mandi sendiri, bahkan sebelum usianya empat tahun. Saya sangat lega mengetahui ada ibu-ibu di luar sana yang melakukannya.