Seorang pemilik kendaraan roda dua tentunya akan melakukan penggantian beberapa onderdil motor tersebut secara teratur. Penggantian onderdil secara terjadwal ini ternyata mampu menjaga performa dari kendaraan itu sendiri.

Kemudian bermanfaat pula untuk mengatur pembiayaan secara lebih hemat untuk menjadikan motor tetap bisa digunakan sesuai kebutuhan. Meski menjadi sebuah kebutuhan banyak yang tidak merasakan kualitas motornya membaik usai dilakukan penggantian. Bisa akibat pemasangan yang kurang pas atau memilih onderdil bajakan.

Setiap pemilik kendaraan bermotor jika membutuhkan penggantian onderdil tertentu sebaiknya berhati-hati agar tidak keliru membeli yang palsu. Motor akan mudah rusak kembali jika menggunakan onderdil yang tidak sesuai dengan kebutuhan motor itu sendiri.

Banyaknya merk motor dan jenis sparepart atau onderdil kerap berbenturan dengan merk onderdil tertentu. Beberapa sangat sulit untuk membedakan mana yang ori sesuai merk motor atau yang bajakan. Namun secara sederhana, Kita bisa menemukan perbedaan yang mencolok dari beberapa segi berikut:

1. Bungkus kemasan onderdil,

Onderdil yang memang dari produk yang sesuai dengan produsen motor tersebut atau yang original akan terlihat jelas dari bungkusnya. Kita perlu mencari tahu apa saja ciri khas kemasan dari onderdil motor original tersebut. Sebab setiap vendor onderdil sepeda motor memiliki beberapa tanda yang menjadi petunjuk untuk membedakan mana yang memang produksinya atau sebaliknya.

Hal ini sudah menjadi perencanaan setiap vendor mengingat di pasaran banyak yang dengan sengaja membuat onderdil palsu yang merugikan konsumen. Sehingga mempermudah konsumen untuk menemukan mana yang sesuai dengan kebutuhan motor yang dimiliki.

2. Harga yang sesuai dengan pasaran,

Perihal harga dari onderdil yang original Kita perlu mencari vendor yang memberikan website informasi detail harga onderdil yang dipasarkan. Hampir semua vendor melayani informasi harga part yang diproduksi secara online.

Sehingga bisa diakses oleh siapapun yang membutuhkan informasi akurat terkait harga onderdil di pasaran. Sebab biasanya setiap vendor memberikan aturan kepada penjual onderdil menyesuaikan harga yang diberikan pusat.

Harga yang sesuai dengan apa yang diinformasikan melalui website resmi pihak vendor. Menjadi salah satu tanda bahwa onderdil tersebut memang asli dan aman untuk dipasangkan ke sepeda motor yang rusak atau perlu dilakukan penggantian.

3. Dijual di toko resmi,

Langkah paling aman dan paling terjamin mendapatkan onderdil original ialah datang ke toko resmi yang memang dipercaya dari pusat. Selain ke part shop Kita pun memiliki kesempatan untuk membeli yang ori melalui bengkel resmi.

Lebih nyaman lagi jika dulu membeli sepeda motor melalui dealer yang menyediakan area bengkel sendiri. Sehingga saat melakukan service rutin dan perlu mengganti satu atau beberapa onderdil motor tersebut. Secara otomatis onderdil pengganti merupakan barang asli sesuai vendor aslinya pula.