Di dalam modifikasi untuk mobil entah modifikasi kit atau pun yang lainnya, tentu kreatifitas begitu ditekankan untuk modifikator agar bisa mengaplikasikan berbagai macam baku menjadi sebuah hasil karya modifikasi yang sangat memuaskan dan bagus. Bahan yang digunakan untuk membuat modifikasi ini yang umum ialah bahan plastik, plat besi dan fiber glass.

Untuk bahan seperti plat besi, ia mempunyai berbagai macam kelebihan, seperti:

• Bahan seperti plat besi ini begitu mudah di dapatkan, bahannya bisa berupa sisa drum, seringnya dipergunakan untuk lantai mobil,

• Ia jauh lebih kuat serta tahan lama,

• Tidak memerlukan cetakan. Anda hanya tinggal menggambarnya saja, kemudian memotong dan membentuknya sesuai dengan kreasi, jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk mengelas, Anda bisa memanggil seorang tukang las agar hasilnya lebih maksimal,

• Bahan yang digunakan jauh lebih fleksibel ini berarti ia tidak kaku seperti bahan fiber. Jika plastik seringnya model telah di produksi di pabrikan sehingga ia jauh lebih terbatas,

• Mudah perawatan dan harga murah, jika dihitung biaya pada awal pemasangan, memang sama-sama mahal, namun untuk hal perawatan, ia jauh lebih murah dan lebih gampang.

Ada pula bahan seperti fiber glass. Untuk bahan ini seringnya disebut dengan Fiber Reinforced Plastik. Ia adalah material yang begitu lama untuk digunakan di dalam membuat body kit. Untuk memasang bahan fiber glass ini memang memerlukan serangkaian keahlian khusus agar bisa mendapatkan hasil pemasangan yang lebih rapi.

Rapi atau tidaknya pemasangan fiber glass ini sangat bergantung pada keahlian personal si pemasang dan si pembuatnya. Kelebihan bahannya ialah ringan, keras, mudah untuk di perbaiki jika ia pecah atau rusak, dan pilihan model dapat bermacam-macam.

Bahan lainnya ialah PU atau Poly Urethan. Ia bisa digunakan untuk bahan dasar pembuatan body. Sekarang ini, PU memang semakin naik daun bahkan semakin popular penggunaannya. Untuk kemampuan pemasangan, ia dapat disulap menjadi sangat rapi dan sangat sempurna.

Kelebihannya seperti ringan, tahan lama, empuk namun cukup keras, serta tidak mudah pecah jika ia sering terkena benturan. Bahan ini begitu cocok untuk spoiler yang berada di bagian belakang.

Terakhir ialah plastik PP dan PE. PP ialahPlastikPolypropilene, dan PE ialah Plastik Polyethylene. Material ini dapat digunakan untuk pabrikan mobil. Jenis material ini pun juga sering sekali dipergunakan untuk membuat body kit para produsen body after sales.

Kemampuan pemasangan yang ia miliki sama dengan PU, ia sangat rapi, kelebihannya ialah mempunyai karakteristik yang hampir sama dengan PU akan tetapi ia lebih keras. Ia sangat cocok di pasang pada bumper full.